3 Keahlian yang Harus Dimiliki Tukang Listrik Panggilan Profesional - Biolubusa.com

Senin, 26 Maret 2018

3 Keahlian yang Harus Dimiliki Tukang Listrik Panggilan Profesional


Sebuah hunian, fasilitas umum, dan bangunan komersial apapun tidak akan lengkap tanpa instalasi listrik. Apalagi di zaman modern ini di mana berbagai keperluan komunikasi membutuhkan tenaga listik di dalamnya, Oleh karena itu, peran tukang listrik sangat besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik.

Mulai dari menanak nasi di penanak nasi, mencuci pakaian di mesin cuci, menyetrika pakaian, penerangan, air, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang pastinya membutuhkan listrik. Nah, untuk tukangnya sendiri, apa saja keahlian yang harus dimiliki mereka sebagai seorang yang profesional dan ahli dalam kelistrikan tersebut? Berikut 3 di antaranya.
1. Instalasi Listrik Baru
Keahlian pertama yang wajib dimiliki seorang tukang yang ahli dalam bidang kelistrikan tentu berupa pemasangan atau instalasi listrik. Mereka tidak akan ragu dalam menentukan urutan yang tepat saat pemasangan berlangsung.
Misalnya, dimulai dari bagian outdoor untuk penanaman listrik di dalam tanah berikut instalasi sekeringnya. Baru setelah itu, dilanjutkan ke bagian dalam bangunan yang meliputi peasangan meteran listrik box sekering atau MCB, sakelar, stop kontak, dan lampu.
Sebagai pesrsiapan, mereka tidak akan lupa membawa perlengkapan instalasi. Di antaranya yaitu tang, pisau, gunting kecil, gergaji besi, tape roll, palu, test pen, kabel, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk instalasi listrik di bagian dalam rumah. Selain itu, tidak lupa membawa peralatan keamanan kerja seperti sarung tangan dan semacamnya.
2. Perbaikan Instalasi Listrik
Salah satu kerusakan yang terjadi pada instalasi listrik dalam rumah adalah putusnya kabel di dalam tembok. Sangat sulit memperbaikinya tanpa merusak beberapa bagian tembok untuk mengeluarkan kabel tersebut.
Terkecuali, saat instalasi listrik sebelumnya, kontraktor atau tukang bangunan sudah mengantisipasi hal ini sehingga menyiapkan celah untuk memperbaiki kabel listrik tanpa perlu membongkar tembok. Nah, keahlian kedua inilah yang seharusnya dimiliki oleh seorang tukang listrik, yakni mengetahui penyebab dan lokasi kerusakan tersebut.
Mereka akan memeriksa seluruh lampu di rumah. Setelah dipastikan bagian mana yang tidak menyala, misal dapur dan ruang tengah, maka diperkirakan kerusakanannya terjadi pada bagian tenngah-tengah, antara saklar dan piting lampu. Jadi, penanak nasi, mesin cuci, dan peralatan lainnya yang butuh listrik dan Anda letakkan di dapur pun mungkin tidak berfungsi.
3. Menambah Stop Kontak dan Titik Lampu
Keahlian ketiga yang harus dimiliki oleh seorang tukang instalasi listrik adalah bisa menambah stop kontak dan titik lampu. Hal ini sangat sering terjadi, terutama jika Anda menambah jumlah bangunan seperti membuat warung atu toko kecil di samping rumah.
Kebutuhan stop kontak dan titik lampu yang baru bukan hanya bertujuan untuk pencahayaan, tapi juga mendukung semua aktivitas yang terjadi di dalam bangunan baru tersebut. Saat menyewa tukang untuk mengurusi pembangunan toko atau warung, sebaiknya Anda juga mengonsultasikan perihal penambahan stop kontak dan titik lampu ini pada ahli listrik ini.
Mengingat keahlian mereka pada poin pertama, yaitu instalasi listrik, tentu bukan hal yang tidak mungkin jika mereka juga bisa dengan mudah melakukan pekerjaan yang satu ini. Karena, penambahan stop kontak dan titik lampu tidak jauh beda dengan instalasi listrik baru.
Tukang listrik panggilan yang profesional juga bukan berarti tidak takut mati karena tersengat listrik. Justru mereka memiliki persiapan untuk mencegah kemungkinan terjadinya korsleting saat instalasi maupun perbaikan. Karena, tukang yang profesional dalam bidang kelistrikan seperti di sejasa.com ini tidak hanya mengandalkan jaminan keselamatan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar